Kisah Para Rasul
27:1 Dan ketika diputuskan bahwa kami harus berlayar ke Italia, mereka
menyerahkan Paulus dan beberapa tahanan lainnya kepada seorang bernama Julius, a
perwira band Augustus.
27:2 Dan masuk ke dalam kapal Adramyttium, kami meluncur, bermaksud untuk berlayar
pantai Asia; satu Aristarchus, seorang Makedonia dari Tesalonika, sedang
bersama kami.
27:3 Keesokan harinya kami sampai di Sidon. Dan Julius dengan sopan memohon
Paul, dan memberinya kebebasan untuk pergi ke teman-temannya untuk menyegarkan diri.
27:4 Dan setelah kami berangkat dari sana, kami berlayar di bawah Siprus, karena
angin berlawanan.
27:5 Dan ketika kami telah berlayar di atas lautan Kilikia dan Pamfilia, kami sampai
Myra, kota Lycia.
27:6 Di sana perwira menemukan sebuah kapal dari Aleksandria berlayar ke Italia;
dan dia menempatkan kita di dalamnya.
27:7 Dan ketika kami telah berlayar dengan lamban berhari-hari, dan sedikit sekali yang datang
melawan Cnidus, angin tidak membuat kami menderita, kami berlayar di bawah Kreta, selesai
melawan salmon;
27:8 Dengan susah payah melewatinya, tibalah di suatu tempat yang disebut Pekan Raya
surga; di dekatnya ada kota Lasea.
27:9 Ketika banyak waktu dihabiskan, dan ketika pelayaran menjadi berbahaya,
karena puasa sudah lewat, Paulus menegur mereka,
27:10 Dan berkata kepada mereka, Tuan-tuan, saya tahu bahwa perjalanan ini akan merugikan
dan banyak kerusakan, tidak hanya muatan dan kapal, tetapi juga nyawa kita.
27:11 Namun perwira itu percaya kepada tuan dan pemilik kapal itu
kapal, lebih dari hal-hal yang diucapkan oleh Paulus.
27:12 Dan karena tempat perlindungan tidak nyaman untuk musim dingin, lebih banyak lagi
disarankan untuk pergi dari sana juga, jika dengan cara apa pun mereka dapat mencapainya
Phenice, dan di sana sampai musim dingin; yang merupakan surga Kreta, dan terletak
ke arah barat daya dan barat laut.
27:13 Dan ketika angin selatan bertiup pelan, mengira bahwa mereka telah mendapatkan
tujuan mereka, kehilangan dari sana, mereka berlayar dekat Kreta.
27:14 Tetapi tidak lama kemudian timbullah angin yang menggelora, yang disebut
Euroclydon.
27:15 Dan ketika kapal itu terombang-ambing, dan tidak dapat bertahan melawan angin, kami
biarkan dia mengemudi.
27:16 Dan berlari di bawah pulau tertentu yang bernama Clauda, kami memiliki banyak hal
bekerja untuk datang dengan perahu:
27:17 Ketika mereka naik, mereka menggunakan bantuan, menopang kapal;
dan, takut kalau-kalau mereka akan jatuh ke dalam pasir apung, berlayar, dan
jadi didorong.
27:18 Dan kami sangat diombang-ambingkan oleh angin ribut, keesokan harinya mereka
meringankan kapal;
27:19 Dan pada hari ketiga kami mengusir dengan tangan kami sendiri tekel itu
mengirimkan.
27:20 Dan ketika tidak ada matahari atau bintang dalam beberapa hari, dan tidak ada yang kecil
prahara menimpa kami, semua harapan bahwa kami akan diselamatkan kemudian diambil.
27:21 Tetapi setelah lama berpantang, Paulus berdiri di tengah-tengah mereka, dan
berkata, Tuan-tuan, kamu seharusnya mendengarkan saya, dan tidak lepas dari
Kreta, dan mendapatkan kerugian dan kerugian ini.
27:22 Dan sekarang aku menasihatimu untuk bergembira, karena tidak akan ada kehilangan
kehidupan siapa pun di antara kamu, tetapi dari kapal.
27:23 Karena pada malam ini berdiri di sampingku malaikat Allah, yang adalah aku dan siapa
saya melayani,
27:24 Mengatakan, Jangan takut, Paulus; engkau harus dibawa ke hadapan Kaisar: dan, lihatlah, Tuhan
telah memberimu semua yang berlayar bersamamu.
27:25 Oleh karena itu, tuan-tuan, bergembiralah, karena aku percaya kepada Tuhan, bahwa itu akan terjadi
bahkan seperti yang diberitahukan kepadaku.
27:26 Namun kita harus terdampar di pulau tertentu.
27:27 Tetapi ketika malam keempat belas tiba, saat kami terdesak masuk
Adria, sekitar tengah malam para awak kapal menganggap bahwa mereka sudah mendekati beberapa orang
negara;
27:28 Dan terdengar, dan menemukannya dua puluh depa: dan ketika mereka telah pergi a
sedikit lebih jauh, mereka membunyikan lagi, dan menemukan lima belas depa.
27:29 Karena takut kami akan jatuh ke batu karang, mereka melempar empat orang
jangkar dari buritan, dan berharap untuk hari itu.
27:30 Ketika para awak kapal hendak melarikan diri dari kapal, ketika mereka membiarkan
turun perahu ke laut, di bawah warna seolah-olah mereka akan dilemparkan
jangkar keluar dari foreship,
27:31 Kata Paulus kepada perwira dan prajurit-prajurit itu, Kecuali mereka yang tinggal di dalam
kapal, kamu tidak bisa diselamatkan.
27:32 Kemudian prajurit-prajurit itu memotong tali perahu itu dan membiarkannya jatuh.
27:33 Ketika hari mulai siang, Paulus meminta mereka semua makan daging,
berkata, Hari ini adalah hari keempat belas kamu tinggal dan
melanjutkan puasa, tidak mengambil apa-apa.
27:34 Oleh karena itu saya berdoa agar Anda mengambil daging, karena ini untuk kesehatan Anda: untuk
tidak akan ada rambut rontok dari kepala salah satu dari Anda.
27:35 Setelah berkata demikian, ia mengambil roti dan mengucap syukur kepada Allah
kehadiran mereka semua: dan ketika dia memecahkannya, dia mulai makan.
27:36 Lalu mereka semua bergembira, dan mereka juga makan daging.
27:37 Dan kami semua ada di kapal itu dua ratus enam puluh jiwa.
27:38 Setelah cukup makan, mereka meringankan kapal itu dan membuangnya
gandum ke laut.
27:39 Ketika hari sudah siang, mereka tidak mengetahui tanah itu, tetapi mereka menemukan a
anak sungai tertentu dengan pantai, ke mana mereka berpikiran, jika itu
mungkin, untuk mendorong kapal.
27:40 Setelah mengangkat jangkar, mereka mengikatkan diri
laut, dan melepaskan tali kemudi, dan mengangkat layar utama ke
angin, dan dibuat menuju pantai.
27:41 Dan jatuh ke tempat pertemuan dua laut, mereka kandas kapalnya;
dan bagian depan menempel dengan kuat, dan tetap tidak bisa digerakkan, tetapi bagian belakangnya
sebagian dipatahkan oleh kekerasan ombak.
27:42 Dan nasihat para prajurit itu adalah untuk membunuh para tawanan itu, jangan sampai ada di antara mereka
harus berenang keluar, dan melarikan diri.
27:43 Tetapi perwira itu, yang ingin menyelamatkan Paulus, menghalangi mereka dari tujuannya;
dan memerintahkan agar mereka yang bisa berenang harus menceburkan diri terlebih dahulu
ke laut, dan sampai ke darat:
27:44 Dan sisanya, sebagian di papan, dan sebagian di pecahan kapal. Dan
jadi terjadilah, bahwa mereka melarikan diri dengan selamat ke darat.